Pages

Kamis, 21 April 2011

boneka kokeshi

hajimemashite watashitachiha kokeshi desu doozo yoroshiku onegaishimasu!
wahwahwah..
bingung nih??
hehe..
yaudah aku basa indonesia'in dlu nih..
perkenalan! kami adalah kokeshi. kokhesi berarti kayu. kami boneka tradisional khas jepang.
nahh..
udah tau kan artinyaa??
kenalan lebih lanjut yyukk!

Boneka Cenderamata

kokeshi dikenal di jepang sejak zaman edo. kira-kira pada tahun 1603-1867 hmm sudah lama sekali bukan? 
kokeshi ini disebut dento kokeshi atau kokeshi tradisional. setelah perang dunia kedua pada tahun 1940-an, kokeshi mulai dibuat souvenir atau cenderamata. mulanya kokeshi dibuat oleh para kijiya atau pengrajin daerah pemandian air panas. biasanya daerah ini terletak di pegunungan. para kijiya membuat mangkuk, baki, dan berbagai alat rumah tangga lainnya dari kayu bubut. suatu ketika, mereka mempunyai ide untuk membuat boneka. soalnya banyak turis yang berkunjung ke pemandian air panas. biasanya para turis membawa oleh-oleh untuk anak-anaknya. nahh.. karena itulah para kijiya membuat kokeshi! kokeshi yang banyak  dijumpai sekarang disebut juga singata kokeshi atau kokeshi bentuk baru. ada pula sosaku kokeshi yang harganya sangat mahal karena merupakan karya para seniman.

Nama Sesuai Tempat Asal

boneka kokeshi hanya terdiri dari kepala dan tubuh. meskipun begitu, kokeshi banyak macamnya. kokeshi tradisional memiliki 11 tipe, anatara lain:

1. Tsuchiyu













2. Togatta













3. Yajiro













4. Naruko













5. Sakunami













6. Yamagata













7. Kijiyama













8. Nanbu













9. Tsugaru













10. Zao-Takayu
(maaf ya, susah nemunya nih di google, daripada salah jadi nggak aku masukin.. yang udah tahu kokeshi jenis Zao-Takayu kasih tau aku ya! ;D)

11. Hijiori













nama nama itu ternyata diberikan sesuai daerah asal masing-masing. misalnya kokeshi Tsuchiyu berasal dari pemandian air panas Tsuchiyu. kokhesi Togatta berasal dari pemandian air panas Togatta. dari bentuk dan coraknya, tiap kokeshi memiliki ciri khas tersendiri.

kokeshi ternyata tidak hanya sebagai boneka. teteapi para pengrajin sudah memodifikasinya menjadi mainan. seperti gasing, mobil-mobilan, kereta-keretaan, kuda-kudaan dan lain lain. mainan kokeshi ini sudah dibuat oleh para pengrajin dari Tohoku sejak dulu. boneka kokeshi ternyata juga bisa dijadikan Hina Ningyo, yaitu festival boneka perayaan anak perempuan. berbagai aksesoris boneka berupa lentera, mas kawin, dan lain lain juga dibuat dari kayu.

nah..
kalo yang ini yang menurutku kokeshi yang imut banget!






kokeshi keluarga..









kokeshi ngerumpi.. :P





 kokeshi ber-yukata merah..







kokeshi ber-kimono biru..





nahh uda pada kenalan kan sama satu boneka imut dari jepang ini..
ingin punya satu?
boleh-boleh
:D











 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar