Pages

Selasa, 19 April 2011

tanaman pengusir nyamuk

ngiuuungg nggiiuungg!
PLAK!
uhh gatel!

nahh..
mungkin itu adalah hal yang kalian rasakan saat bertarung dengan hewan kecil yang cukup merepotkan ini..
uda ngganggu, kadang nyebarin penyakit juga, bikin gatel pula!
daripada bingung gag karuan bingung cari toko buat beli lotion atau semprot baygon sana sini, mending kita tanam aja taneman pengusir nyamuk..
emang ada?
ada dongg!
liat yuukk!

1. Lavender













bunga yang asalnya dari pegunungan alpen di swiss ini berwarna ungu dan bergerombol di ujung tangkai. tinggi tanaman ini bisa mencapai 1 mdengan gerombolan bunga sepanjang 25 cm di tiap tangkainya. padang-padang lavender di pegunungan alpenmenjadi pemandangan yang sangat indah. namun, nyamuk tidak bisa melihat keindahan bunga-bunga lavender, sebab, aroma bunga ini membuat mereka pusing! karena bunga lavender mengandung zat linalool dan lynalyl acetate yang tidak disukai para nyamuk. jadi, tinggal deh tanam bunga ini di pot atau di tanah, and kalian taruh ke depan pintu atau di dekat jendela kamar, dijamin, kalian nggak bakal bentol-bentol digigitin nyamuk deh!

2. Rosemary



rosemary juga salah satu tanaman yang baunya juga tidak disukai para nyamuk. padahal baunya segar sekali seperti bau minyak telon. tanaman ini sangat suka dengan air dan matahari. seperti lavender, tanaman ini bisa ditanam di pot atau ditanah langsung. cara unik untuk "mengambil" bau rosemary adalah dengan menggenggam tangkai bawah lalu ditarik dengan lembut ke atas. aroma di daun ini akan pindah ke tangan, dan tinggal usap-usap di seluruh badan, nyamuk pun tak berani mendekat!


3. Geranium



bunganya memiliki banyak variasi warna dengan kelopak bunga bertumpuk. Geranium mengandung geraniol dan sitronelol yang menyebabkan nyamuk tidak mau mendekat. Cara memanfaatkan tanaman ini adalah dengan ditempatkan di tempat yang terkena tiupan angin, karena aroma geranium akan tercium bila daunnya saling bergesekan.

4. Zodia



tanaman ini memiliki daun pipih panjang berwarna hijau kekuningan. Merupakan tanaman yang berasal dari Papua. Zat evodiamine dan rutaecarpine yang terkandung tanaman ini tidak disukai nyamuk. Aroma wangi akan tercium saat tertiup angin. Wangi tersebut tidak disukai nyamuk.



5. Marigold



marigold atau dalam bahasa latin disebut Tagetes, masih satu "keluarga" dengan Daisy. Bentuk bunganya gemuk membulat, dengan kelopak yang saling tumpuk. Warna bunganya didominasi kuning dan oranye cerah.Warna "menyala" inilah yang kemudian banyak menggoda orang, untuk menanam Marigold di taman mereka. Bukan hanya manusia, kupu-kupu pun tergoda mendekatinya.
Selain warna, wangi bunga asal Meksiko dan Amerika Selatan ini pun semerbak. Tak heran banyak produsen minyak wangi mengambil sari (essence) bunga Marigold untuk produk mereka. nahh, wangi inilah yang tidak disukai para nyamuk!

6. Serai



serai telah dikenal sebagai salah satu bahan yang sering digunakan sebagai bumbu masak, tetapi ada manfaat lain yang tidak kalah penting yaitu sebagai tanaman pengusir nyamuk. Tanaman yang termasuk bangsa rumput-rumputan ini tidak disukai nyamuk karena adanya zat geraniol dan sitronelal. Ekstrak serai juga telah dimanfaatkan dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk dengan aromanya yang khas.



7. Daun Kecombrang 


















daun kecombrang dapat dimanfaatkan sebagai sabun dengan dua cara: menggosokkan langsung batang semu honje ke tubuh dan wajah atau dengan mememarkan pelepah daun honje hingga keluar busa yang harum yang dapat langsung digunakan sebagai sabun. Tumbuhan ini juga dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit yang berhubungan dengan kulit, termasuk campak. nah, lagi-lagi bau harum ini, juga tidak disukai para nyamuk! ckckck

jadii..
uda pada tau kan tanaman pengusir alami yang dijamin sehat buat tubuh kita dan enak dipandang!
iya nggak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar